FAQ (FREQUENTLY ASK QUESTIONS)

berisi pertanyaan pertanyaan yang sering diajukan

  1. Literasi itu apa? 

Jawab: Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya adalah orang yang belajar, namun National Institut for Literacy sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Education Development Center (EDC) juga turut mengeluarkan pengertian dari literasi, yaitu kemampuan individu untuk menggunakan potensi serta skill yang dimilikinya, jadi bukan hanya kemampuan baca tulis saja. Lebih lanjut lagi, UNESCO juga menjelaskan bahwa literasi adalah seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks dimana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya. Menurut UNESCO, pemahaman seseorang mengenai literasi ini akan dipengaruhi oleh kompetensi bidang akademik, konteks nasional, institusi, nila-nilai budaya serta pengalaman. Kemudian, di dalam kamus online Merriam – Webster, dijelaskan bahwa literasi adalah kemampuan atau kualitas melek aksara dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.

Untuk tahu tentang literasi itu mudah, lterate dan illiterate.  Litterate artinya melek,  illiterate artinya buta.  Melek tentang kondisi sosial,  melek temtang perubahan,  melek tentangpendidikan,  melek tentang merdeka belajar. Itulah gambaran singkat tentang literasi 

 

2. Persyaratan gabung menjadi Relawan? 

Jawab: mudah sekali caranya,  bisa dilakukan offline atau online.

Untuk offline bisa mendatangi basecamp kami,  lalu mengisi formulir yang disediakan.

Untuk online, bisa mengisi pada formulir yang sudah di sediakan https://rumahliterasiindonesia.org/pakta-integritas-relawan-pendaftaran-relawan/

3. Setelah daftar online, lalu bagaimana?

Jawab: segera save nomor ini +6281938108181, lakukan konfirmasi, bahwa telah bergabung menjadi relawan.

Selanjutnya tim akan collecting data,  setelah itu, akan memverifikasi data.  Jika lolos, maka calon relawan harus bersedia mengikuti volunteer capacity building (VCB).  

3. Berapa lama?

1 bulan, data yang masuk ke kami banyak.  Kami dan tim berusaha untuk mempercepat verifikasi. Selama masa penantian,  diharapkan aktif mengikuti sosial media, website rumahliterasiindonesia.com . Dengan aktif mengikuti sosmed dan website kami,akan mudah Mempercepat proses verifikasi karena keaktifan teman teman dalam berkegiatan dengan kami.  

4. Prosedur bergabung jaringan rumah baca ?

Untuk bergabung menjadi jaringan rumah baca,

pertama, harus memiliki sosial media aktif, aktif berkegiatan minimal tiga bulan, memiliki pengurus rumah baca,  dan memiliki anak anak rumah baca, mengikuti kegiatan yang ada di rumah literasi indonesia, harus memiliki buku administratif (buku kegiatan, buku data anak rumah baca,  buku kunjungan, daftar koleksi buku, banner pantang tanya sebelum baca)  

Kedua, mendaftar secara offline atau online. Mendaftar secara offline bisa menghubungi cabang yang ada di kota masing masing. Jika belum ada cabang rumahliterasiindonesia di kota mu,  maka verifikasi langsung dilakukan ke pusat. 

4. Siapa saja(individu atau lembaga)  yang bisa berkolaborasi?

jawab: siapa saja bisa berkolaborasi dengan kita,  terakhir kita berkolaborasi dengan instansi ASDP, artis dangdut fitri carlina, sekolah, komunitas anak punk, anak anak difabel, sekolah luar biasa,  instansi pemerintah (desa),  warga, media televisi, pengusaha kafe, arsitek, sejarawan, dan lain lain. 

Close Menu