GERAKAN 1000 RUMAH BACA

GERAKAN 1000 RUMAH BACA

Adalah melakukan sosialisasi (himbauan dan ajakan) secara terbuka bagi masyarakat umum untuk mendirikan dan menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Alternatif berbasis Rumah Baca. Gerakan ini bermaksud mengadvokasi publik atas peran penting keluarga dalam pendidikan generasi muda. Dengan menghadirkan buku kembali di rumah diharapkan menjadi momentum bagi masyarakat untuk menyadari bahwa pendidikan yang sesungguhnya harus dimulai dari keluarga. Karena didalam keluargalah nilai-nilai dasar tentang kehidupan diajarkan pertama kalinya.

Adapun sekolah adalah media untuk mengembangkan lebih lanjut dalam bentuk keahlian, namun tetap ini tujuannya harus tetap diperoleh dalam interaksinya bersama orang tua, kerabat dekat dan teman-teman sepermainan. Dengan demikian, akan terdorong suasan rumah yang lebih bermakna, bukan hanya termpar bernaung, tapi juga tempat belajar dan membina keakraban bersama. Semakin banyak rumah atau keluarga yang didialamnya ada aktivitas rumah baca, semakin baik bagi anak-anak dan remaja untuk tumbuh dan berkembang ke arah yang positif.

Ide atau gagasan Gerakan 1000 Rumah Baca mulai digaungkan oleh relawan Rumah Literasi Banyuwangi sejak Oktober 2014. Gerakan ini hendak menyadarkan seluruh masyarakat untuk turut ambil peran (berkontribusi) dalam menyebarkan budaya membaca adalah tugas publik. Dengan menginisisasi rumah baca dan berkegiatan yang identik dengan peningkatan minat baca dan daya baca di lingkungan rumah baca.

Setiap masyarakat yang tertarik menginisiasi rumah baca dapat dengan mudah mengikuti alur yang biasa Rumah Literasi Banyuwangi selama ini lakukan. Mulai dengan apa bisa dikerjakan dan/atau dari

apa yang dibutuhkan. Mulailah dengan diri sendiri, menjadi relawan. Relawan yang secara suka dan rela ingin terlibat sebagai pengelola dan relawan rumah baca yang akan diinisiasi. Buku yang menjadi media kampanye. Dan lokasi (tempat atau ruang) sebagai tempat berkunjungnya anak-anak atau masyarakat membaca. Tiga hal itu yang wajib dimiliki oleh setiap relawan yang ingin menginisiasi rumah baca.

Gerakan 1000 Rumah Baca adalah sebuah ikhtiar untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Gerakan yang diinisiasi oleh Rumah Literasi Banyuwangi tidak berpretensi untuk menyelesaikan seluruh persoalan rendahnya tingkat literasi di Indonesia. Gerakan ini lahir untuk memantik seluruh insan yang terdidik untuk melakukan kerja barengan demi bangsa ini naik tingkat menjadi bangsa yang literat.

Comments

comments

Leave a Reply

Close Menu