17 Tahun Tekuni Pantomim, Faisal Riza Dirikan “Negri Dongeng Performance Institute”

17 Tahun Tekuni Pantomim, Faisal Riza Dirikan “Negri Dongeng Performance Institute”

Creative kata dasarnya adalah create yaitu mencipta. Dalam bidang apapun potensi mencipta membuat seorang menjadi konseptor, demikian juga seniman dalam bidang seni. Potensi mencipta membedakan seorang seniman dengan penikmat seni, potensi mencipta juga menyebabkan seorang seniman berbeda dengan seniman yang lain, potensi mencipta menyebabkan kesenian menjadi sesuatu yang terus bergerak, mencari dan memperbaharui. Potensi mencipta menyebabkan seniman senantiasa gelisah, memburu dan membaru (inovatif). Dengan berpikir kreatif, ternyata keterbatasan tidak akan benar-benar membatasi. Keterbatasan tentang apa saja, justru akan memacu akal kita bekerja. Lalu muncul usaha, kiat untuk mengatasi keterbatasan itu dengan jalan keluar yang baru. Segala sesuatu yang baru tentu saja membutuhkan keberanian dan usaha untuk mencoba. Sebelum akhirnya terbukti dapat menggantikan cara lama dengan hasil yang sama atau justru menjadi lebih baik.

Tuhan seolah memaksa diri saya untuk terus memahami pentingnya kesenian pantomim, bukan kebetulan dalam waktu kurang lebih 17 tahun saya akrab dan terus bergaul dengan pantomim. Sebagai seorang pegiat kesenian, wajarlah kalau kadang-kadang saya kehilangan arah, tapi tentu saja tak patah semangat untuk terus memburu. Sebagai pegiat seni drama dan pantomim, melalui proses pencarian yang panjang khususnya dalam seni pantomim akhirnya proses kreatif itu menghasilkan sebuah metode bahwa pantomim tak hanya terbatas pada lingkup panggung saja, ternyata pantomim sangat mungkin masuk menjadi bagian dalam permainan anak-anak. Mengingat sifat dasar anak-anak yang imitatif membuat pantomim sebagai sebuah medium seni menirukan segala sesuatu dengan gerakan, akhirnya hadir menjadi salah satu media alternatif selain dongeng untuk menyampaikan keteladanan yang lebih atraktif, asyik dan menyenangkan. Melalui gerak dan ekspresi yang dimainkan anak-anak dapat menebak setiap gerakan atau menceritakan kembali apa yang mereka lihat, dan secara tidak langsung anak-anak akan terstimulasi imajinasinya dengan baik.

Sekali lagi pantomim bukan cuma sekedar bercerita tanpa kata, tapi pantomim membuat orang lebih enak dilihat saat tampil di depan umum. Apakah hanya aktor, atau stage performance yang sering dilihat banyak orang ? ternyata tidak. Temen-temen pembaca disini juga akan menghadapi banyak orang di manapun anda berada. Tidak ada salahnya anda belajar pantomim, dance, atau drama untuk mempersiapkan diri agar tak canggung lagi dalam berkomunikasi. Belajar kesenian bukanlah bertujuan agar seseorang menjadi seniman profesional. Namun manfaatnya tak terhitung lagi banyaknya, salah satunya agar kita dapat menikmati hidup yang indah ini. Seni berhubungan dengan keindahan, apabila kemampuan anda melihat keindahan dalam hidup ini meningkat, maka hubungan kita dengan Tuhan akan semakin dekat lagi.

Perjalanan panjang yang saya lalui membuat saya semakin yakin untuk terus berkarya di bidang seni, itu sebabnya saya mendirikan Negri Dongeng Performence Institute. Dimana saat ini ada sekitar 45 anak dari rumah baca yang belajar tentang seni bersama kami.

(Faisal Riza)

Comments

comments

Leave a Reply

Close Menu