TERINPIRASI POHON PINUS, BEGINI CARA “LACI KECIL” MENGHIDUPKAN KATA-KATA

TERINPIRASI POHON PINUS, BEGINI CARA “LACI KECIL” MENGHIDUPKAN KATA-KATA

Terinspirasi dari biji pohon pinus, relawan Rumah Literasi Banyuwangi bikin projek untuk mewadahi relawan yang ingin berkarya melalui tulisan puisi. Laci Kecil, nama yang semakin digandrungi oleh para pegiat literasi di Banyuwangi. Sudah ada 1 buku yang siap terbit dalam waktu dekat yang diberi judul sama dengan inpirasi yang diperoleh saat “Gathering Volunteer di Hutan Pinus Songgon. Sebuah kegiatan rutin Rumah Literasi Banyuwangi untuk berkumpul berbagi cerita dan pengalaman terbaik dalam mengelola rumah baca mandiri.

 

Saat ditanya mengapa mengambil judul “Biji Pohon Pinus”, Faiz, salah satu Founder Laci Kecil menjelaskan bahwa ia terinpirasi karena biji pohon pinus bentuknya sangat unik dan bertahan lama jika disimpan serta pohon pinus bentuknya sangat indah, apalagi jika kita berada di tengah hutan, maka kebutuhan oksigen segar bisa dinikmati dengan baik.

 

“Banyak inspirasi yang saya dapat ketika melakukan perjalanan di daerah hutan atau gunung, terlebih ketika ada hutan pohon pinus. Banyak nilai tentang kehidupan bisa kita dapat dari sebatang pohon, salah satunya pohon selalu ikhlas bertumbuh ke arah cahaya”, ungkap perempuan yang juga mengajar di Sekolah Luar BIasa (SLB).

Buku ini akan di rilis pada bulan Oktober 2017, dimana hasil dari penjualan sebagian akan didonasikan untuk pendidikan di Rumah Literasi Banyuwangi. Sampai saat ini sudah ada yang memesan buku “Biji Pohon Pinus” meskipun belum resmi di jual. Tidak hanya di Banyuwangi, bahkan ada dari beberapa kota di Indonesia berminat membeli buku tersebut.

 

Nurul Hikmah, juga sebagai Founder Laci Kecil menjelaskan, “Karya kami tak hanya berupa buku, tapi kami bekerja sama dengan beberapa musisi dari relawan yang ikut mengaransemen melalui musikalisasi yang apik, dipoles dengan sentuhan videographer yang juga dari relawan, serta tak lupa dibantu oleh pelaku seni dan penulis skrip film yang telah berpengalaman di seni pertunjukan”.

 

Beberapa karya Laci Kecil bisa juga dinikmati melalu chanel Youtube dan Istagram. Media sosial ini dipilih karena saat ini generasi millennial begitu menggandrunginya. Laci Kecil juga membuka ruang seluas-luasnya bagi pegiat literasi di Banyuwangi yang ingin menyumbangkan karyanya kemudian dikemas menjadi buku antologi puisi. Karena salah satu misi Laci Kecil adalah ingin meningkatkan budaya menulis bagi masyarakat melalu karya seni.

 

 

(13-pena_kecil)

Comments

comments

Leave a Reply

Close Menu