Geliat literasi di Desa Ketapang semakin dirasakan oleh warga. Salah satunya di Gang Relawan yang menjadi lokasi basecamp Yayasan Rumah Literasi Indonesia, tepatnya di Dusun Gunung Remuk. Program Desa Literasi yang pertama kali diinisasi berkat kerjasama Pemerintah Desa dengan komunitas pegiat literasi ini, menjadi angin segar di tengah budaya baca masyarakat di negeri ini yang masih dinilai sangat rendah. Dengan menitik beratkan isu gerakan dalam ranah pendidikan, gerakan Desa Literasi menjadi wadah belajar bagi masyarakat agar memahami pentingnya pendidikan karakter

Dengan melibatkan jaringan pegiat literasi Yayasan Rumah Literasi Indoensia yang saat ini telah berhasil mengembangkan 50 Rumah Baca tersebar seluruh wilayah di Kabupaten Banyuwangi, maka diharapkan Project Desa Literasi bisa mendorong keterlibatan segenap unsur potensial yang ada di dalam masyarakat agar dapat turut serta dalam penyediaan maupun terlibat langsung pelaksanaan kegiatan kegiatan pembelajaran alternative yang terangkum dalam 9 indikator Desa Literasi.

”Jika pemerintah telah mengetahui ada semangat anak-anak muda di desanya untuk terlibat dalam kegiatan yang positif, saya selaku Kepala Desa harus turun langsung melihat dan terlibat agar bisa bersinergi untuk membangun desa. Karena strategi mengelola manusia saat ini akan menentukan nasib desa di masa yang akan datang”, ungkap Kades yang akrab di panggil Bapak Slamet.

 

Meningkatknya wawasan masyarakat di berbagai bidang akan mendorong pembangunan desa menjadi lebih baik. salah satu upaya yang dilakukan, Desa Ketapang mensupport kegiatan TALK SHOW ”OPLOSAN” yang merupakan pelesetan dari ”Obrolan Petang Literasi dan Pendidikan”. Tujuannya adalah mendidik masyarakat melalui tontonan yang penuh dengan tuntunan. Dengan mengangkat berbagai tema menarik seputar desa dan dikemas dengan model warung kopi, diharapkan masyarakat mendapat informasi sesuai dengan situasi kehidupan yang ada di desa, kemudian mampu mengambil peran nyata di berbagai bidang. Termasuk, bagaimana layanan  public di desa dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan warga.

Program Talk Show ini akan mengundang orang-orang yang punya dedikasi tinggi di berbagai bidang. Dimana mereka akan membagikan cerita yang menarik dan inspiratif tentang potensi yang ada di desa. Disisi lain, program ini adalah bentuk dukungan  desa dalam penyediaan media aktualisasi untuk berkarya. Sebagai sumber belajar masyarakat  agar nantinya muncul kesadaran untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan dan implementasi kebijakan desa.

”Saya meyakini pogram ini sangat mendidik, karena di dalamnya terdapat banyak informasi yang penting. Sudah seharusnya pemerintah desa terbuka terhadap segala informasi, baik tentang kebijakan sampai pada urusan mengelola anggaran.  Termasuk mengabarkan semua hal baik dan inspiratif agar warga bergerak ikut membangun desa bersama-sama”, tegas Kades Ketapang.

 

Partisipasi langsung dari masyarakat inilah yang secara prinsip menjadi inspirasi program ini Talk Show ini digagas. Dengan harapan kinerja pemerintah bukan hanya akan lebih ringan dalam pelaksanaan pembangunan daerah, namun juga akan mendapatkan capaian yang lebih optimal dengan dukungan langsung dari masyarakat.

 

(13pena_kecil)

#

639 Responses

  1. Cuando tenga dudas sobre las actividades de sus hijos o la seguridad de sus padres, puede piratear sus teléfonos Android desde su computadora o dispositivo móvil para garantizar su seguridad. Nadie puede monitorear las 24 horas del día, pero existe un software espía profesional que puede monitorear en secreto las actividades de los teléfonos Android sin avisarles.

Leave a Reply

Your email address will not be published.