INSPIRASI SEKOLAH LITERASI – ”Menumbuhkan Tunas Cita”

INSPIRASI SEKOLAH LITERASI – ”Menumbuhkan Tunas Cita”

Bermula dari teman-teman relawan pendidikan dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi  pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Inspirasi Sekolah Literasi. Inspirasi Sekolah Literasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional volunteer dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti 1 hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar Sekolah Dasar, yaitu pada Hari Pahlawan.

Kegiatan Inspirasi Sekolah Literasi yang pertama diadakan pada tanggal 10 November 2014 di Desa Langring, Glagah Banyuwangi dengan tema Hari Pahlawan dengan mengajak  profesional muda dibidangnya.. Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para profesional volunteer, Inspirasi Sekolah Literasi dapat memberikan pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para professional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum professional. Inspirasi Sekolah Literasi merupakan sebuah program dari Rumah Literasi Banyuwangi yang ditujukan untuk para profesional dari berbagai latar belakang profesi dan bidang untuk melihat langsung kehidupan dan kondisi pendidikan di Indonesia dengan menjadi relawan muda pendidikan. Adapun bentuk kegiatannya berupa mengajar sehari di SD-SD yang ada di wilayah terdekat dengan para relawan.

Sosial media sebagai alat untuk menjaring dan melakukan kampanye, mengundang para anak anak muda yang peduli pada pendidikan untuk ikut terlibat dalam kegiatan Inspirasi Sekolah Literasi pada hari pahlawan. Sebelum melakukan kegiatan sekolah, semua anak-anak muda maupun guru-guru dan pegiat literasi lainnya di bekali nilai-nilai dasar. Di bawah ini dirumuskan pelajaran tentang sikap dasar terbaik agar kegiatan dan tujuan Inspirasi Sekolah Literasi dapat tercapai. Adapun sikap yang selalu terlihat di antara pegiat Inspirasi Sekolah Literasi. Bila ingin terlibat di dalamnya maka Anda diharapkan dapat bersikap: Sukarela, Bebas kepentingan, tanpa biaya, siap belajar, turun tangan langsung, siap bersilaturrahmi, tulus.

Pada hari inspirasi, sekolah memberikan ruang belajar sepenuhnya pada relawan yang akan berbagi ilmu dan berbagi pengalaman. Para relawan inspirator akan menceritakan mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional. Inspirasi Sekolah Literasi merupakan sebuah program dari Yayasan Rumah Literasi Indonesia yang ditujukan untuk para profesional dari berbagai latar belakang profesi dan bidang untuk melihat langsung kehidupan dan kondisi pendidikan di Indonesia dengan menjadi relawan muda pendidikan. Semua mengambil peran untuk pendidikan. Karna pendidik itu tak hanya mereka yang duduk di bangku-bangku kelas. Tapi, mendidik adalah tugas tiap insan yang terdidik. Harapannya sekolah, masyarakat, orang tua adalah tiga unsur penting yang tidak boleh dipiahkan dalam dunia  pendidikan. Jika salah satu mengalami masalah maka komponen tersebut akan mempengaruhi komponen yang lainnya.

Mari terlibat dalam wujud nyata bahwa setiap orang bisa menjadi guru dan ikut menumbuhkan cita anak bangsa sejak dini melalui kegiatan Inspirasi Sekolah Literasi.

Comments

comments

Leave a Reply

Close Menu