Kembangkan Potensi Lokal, PIK-R Kaliploso Galakkan Program Literasi

Kembangkan Potensi Lokal, PIK-R Kaliploso Galakkan Program Literasi

Bertempat di pendopo Kantor Desa Kaliploso, puluhan pemuda yang tergabung dalam wadah Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) mengadakan seminar sehari. Mengusung tema “Menumbuhkan Budaya Literasi Generasi Milenial”, kegiatan ini dipandu oleh PLKB Kecamatan Cluring.

Latar belakang seminar ini di gagas karena melihat potensi generasi milenial ini menjadi kekayaan yang dimiliki desa untuk bisa mengelola sumber penghidupan bagi masyarakat Desa Kaliploso.

Rudi Hartono, Kepala Desa Kaliploso mengapresiasi kegiatan ini, apalagi sesuai dengan program prioritas yang sedang berlangsung di tahun ini, yaitu pengembangan budaya melek literasi di segala sektor.

“Pemerintah Desa tahun ini akan meresmikan gedung perpustakaan yang di bangun paing depan sendiri, bersebelahan dengan pintu gerbang kantor desa. Kami berharap masyarakat, khususnya anak muda bisa menjadikan perpustakaan desa ini sebagai sumber belajar yang menyenangkan”, tegas Rudi Haartono saat membuka acara seminar.

Gedung yang pengerjaannya hampir selesai ini dibangun menggunakan dana desa. Selain infrastruktur, program pemberdayaan untuk kelompok pemuda menjadi prioritas khususnya kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan literasi masyarakat.

Untuk membantu pengembangan gerakan literasi masyarakat, PIK-R dan Pemerintah Desa akan menggandeng Rumah Literasi Indonesia sebagai lembaga mitra yang selama ini konsen mengkampanyekan budaya literasi melalui “Gerakan 1000 Rumah Baca”

Malik, pemuda yang menjadi anggota PIK-R menyambut baik kegiatan seminar sehari ini. Ia berharap rekomendasi dari kegiatan ini akan menjadi peta jalan dalam membangun menggali potensi lokal yang ada di desa. Menurutnya, desa yang maju harus dimulai dari masyarakat yang berwawasan.

“Kami berkomitmen untuk terus mengawal agar rumah baca tidak hanya ada di kantor desa, salah satunya kami ingin disetiap dusun ada 1 rumah baca untuk menjadi pusat informasi bagi warga sekitar.”, ungkap Malik sebelum sesi seminar berakhir.

Salah satu rencana aksi yang akan dilaksanakan PIK-R untuk menumbuhkan semangat kerja barengan, dalam waktu dekat akan mengadakan “Nonton Bareng” film pendidikan di salah satu lokasi wisata yang menjadi keunggulan Desa Kaliploso.

Comments

comments

Close Menu