Pos Kamling yang kita kenal selama ini selalu identik dengan urusan ronda malam, dan tempat ngerumpi warga. Beda halnya dengan Pos Kamling yang berlokasi di Perumahan Puri Brawijaya Kelurahn Kebalenan ini. Kak Eris Utomo, seorang relawan yang begitu cinta terhadap dunia anak-anak ini menginisiasi Rumah Inspirasi, dengan menyulap Pos Kamling menjadi taman baca yang menyenangkan. Ada ratusan koleksi judul buku di dalamnya yang dia diadakan secara swadaya serta bantuan dari beberapa donator termasuk hasil kerja barengan bersama Yayasan Rumah Literasi Indonesia.

 

Media pembelajaran di Rumah Inspirasi ini tak hanya soal membaca buku saja, ada beragam kegiatan seru untuk anak-anak sekitar seperti mendongeng, bermain alat music tradisional anklung, out bond, konservasi belut dan dalam waktu dekat akan mengembangkan museum sayur.

”Pendidikan itu tanggung jawab semua orang, dan peran kecil kami ini bertujuan agar warga sekitar juga bisa ikut peduli terhadap pendidikan anak. Apalagi di era digital seperti saat ini, ternyata banyak anak-anak yang tidak pernah melihat tanaman yang selama ini mereka konsumsi. Contohnya tanaman kentang, tanaman wortel, kacang dan sebagainya”, tegas Kak Eris.

 

Berangkat dari masalah tersebut, ia memiliki semangat untuk terus mengembangkan Rumah Inspirasi sebagai tempat belajar anak-anak sekitar perumahan. Bahkan tak jarang banyak sekali anak-anak dari desa tetangga yang datang setiap hari libur untuk bisa belajar alat  music tradisonal berupa angklung. Keseruan belajar semakin bertambah ketika ada ”Fun Games” yang dikemas dengan metode out bond.

 

Berkat usahanya yang begitu keras untuk bisa terus membuat inovasi dalam metode pembelajaran, PT Telkom Indonesia melirik aktivitas nyata dan berdampak pada warga sekitar. Sehingga tim survey dari perusahaan telekomunikasi tersebut memberikan support E-book (Buku Elektronik) yang di dalamnya ada ribuan judul buku pendidikan formal maupun informal.

”Nah, tentunya, dengan adanya sarana terbaru ini, dapat mempermudah adik – adik belajar dan menunjang kreatifitas warga. dan yang lebih penting sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang  Maha Esa, dan berbudi yang luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang mantap dan mandiri, serta bertanggung jawab terhadap kemasyarakatan dan kebangsaan.”, ungkap pria yang gemar memakai blangkon setiap belajar bersama anak-anak.

 

Rumah Inspirasi yang dikelola Kak Eris ini juga sering mendatangkan banyak orang-orang yang ahli di berbagai bidang. Terutama untuk mengisi pembelajaran setiap hari libur. Beliau juga merasa terbantu berkat kerjasama Rumah Inspirasi dengan Yayasan Rumah Literasi Indonesia yang selama ini mendukung keberadaan taman baca sebagai tempat pendidikan karakter dengan metode belajar yang beragam. Secara prinsip beliau selalu mengingatkan untuk saling menghidupkan budaya literasi  dengan kerja bareng serta membuka ruang untuk setiap orang agar bisa menjadi guru bagi anak-anak rumah baca. Dengan ini maka mimpi anak-anak akan terus tumbuh dan mereka memiliki karakter yang berbudi luhur.

(13pena_kecil)

#

431 Responses

  1. I am a student of BAK College. The recent paper competition gave me a lot of headaches, and I checked a lot of information. Finally, after reading your article, it suddenly dawned on me that I can still have such an idea. grateful. But I still have some questions, hope you can help me.

  2. I am a student of BAK College. The recent paper competition gave me a lot of headaches, and I checked a lot of information. Finally, after reading your article, it suddenly dawned on me that I can still have such an idea. grateful. But I still have some questions, hope you can help me.

  3. Quando tiver dúvidas sobre as atividades de seus filhos ou a segurança de seus pais, você pode hackear seus telefones Android em seu computador ou dispositivo móvel para garantir a segurança deles. Ninguém pode monitorar o tempo todo, mas há um software espião profissional que pode monitorar secretamente as atividades dos telefones Android sem alertá-los.

  4. … [Trackback]

    […] Find More here to that Topic: rumahliterasiindonesia.org/pos-kamling-disulap-jadi-taman-baca-rumah-inspirasi-dilirik-pt-telkom-indonesia/ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.