STREET SHOP – “Donasi Untuk Gerakan Pendidikan”

STREET SHOP – “Donasi Untuk Gerakan Pendidikan”

Ketapang – Salah satu program desa literasi Ketapang bidang pemberdayaan, Street Shop, Kamis kemarin (17/08) di launching. Program ini diluncurkan bertepatan dengan rangkaian ulang tahun rumah baca sahabat kecil dan event bulan kemerdekaan Rumah Literasi Banyuwangi dan di dukung penuh oleh Rumah Literasi Indonesia. Kegiatan dari Street Shop ini sangat sederhana, mengumpulkan barang bekas berkualitas layak pakai ( bisa berupa pakaian, elektronik dan lain lain).

Program ini menjadi menarik karena barang yang sudah diterima bukan langsung diteruskan atau disumbangkan tetapi barang bekas berkualitas ini disortir kemudian dijual dengan harga sangat murah (dibawah harga pasar). “Dijual dengan harga murah karena tujuan kami bukan komersial, tapi kemanusiaan” Ujar Nurul Hidayat, Penggagas Program Street Shop Desa Literasi.

Setelah dijual, seluruh keuntungan akan disumbangkan di Rumah baca yang berafiliasi di Desa Literasi.  “Street shop mengajarkan banyak hal, di dalam event ini melatih si kaya untuk peduli, bagi masyarakat mengajarkan bahwa untuk memperoleh sesuatu butuh usaha tidak hanya meminta, dan bagi pengurus street shop event ini bisa jadi edukasi dan tempat inkubasi lahirnya ukm ukm baru” Tambah Nurul.

Dalam pembukaannya kemarin, lapak street shop langsung diserbu oleh masyarakat sekitar rumah baca sahabat kecil, dusun gunung remuk. Kategori barang yang banyak terjual adalah celana pendek/ panjang, hem, kaos oblong/ rompi dan elektronik. Harga bervariasi dari Rp. 5000- Rp.15000 untuk pakaian, untuk elektronik Rp.50.000 sampai Rp. 100.000.

“Sering terjadi pertarungan sengit dalam tawar menawar. Ini terjadi karena masyarakat belum teredukasi” Ujar Nurul.  Setelah teredukasi tentang street shop, banyak dari warga justru ketagihan membeli barang. “Banyak keuntungan yang didapatkan saat membeli barang disini, selain membeli kita bisa menyumbangkan uang kita untuk pendidikan” Ujar Marzuki warga gunung remuk. Perolehan selama empat hari pembukaan streetshop adalah

Comments

comments

Leave a Reply

Close Menu