Usung Tema Desa Literasi, Video Kreatif Desa Ketapang Lolos 9 Besar Tingkat Provinsi

Usung Tema Desa Literasi, Video Kreatif Desa Ketapang Lolos 9 Besar Tingkat Provinsi

Mengusung tema Desa Literasi, Desa Ketapang kembali menggarap video potensi desa untuk mengikuti kompetisi di tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyrakat Desa, Provinsi Jawa Timur.

Berkolaorasi dengan pemuda desa dan pegiat literasi, desa ketapang menginisiasi inovasi program yang disebut “Desa Literasi” dengan tagline “Membangun Indonesia Dari Kampung Halaman”. Gagasan ini berjalan sejak tahun 2017, dimana Desa Literasi menitikberatkan pada upaya peningkatan budaya literasi masyarakat melalui Rumah Baca/Taman Baca yang dikelola masyarakat.

Kepala Desa Ketapang, Slamet Kasiono, S.Ag. menegaskan jika ingin memajukan sebuah desa, perlu upaya gotong-royong dan berfokus pada pembangunan manusianya, tidak hanya berfokus pada infrastruktus fisik.

“Tahun ini kami ingin fokus untuk membangun sumber daya manusianya. Tentu desa tidak bisa bekerja sendirian, dibutuhkan kolaborasi mulai di tingkat akar rumout hingga ke level kebijakan.” jelas Kepala Desa Ketapang,saat memberi sambutan selamat datang kepada tim juri.

Kompetisi yang digelar DPMD Jatim kali ini lebih kompotitif, sebab ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta untuk bisa lolos menjadi 10 nominasi yang akan ditayangkan melalui akun media social DPMD Jatim. Salah satu tahapannya, tim juri turun langsung ke lapangan untuk membuktikan apakah konten video yang dibuat sesuai dengan fakta yang ada.

Ketua Tim Juri, Susi Susanti, saat melakukan penilaian di Desa Ketapang mengungkapkan bahwa tahun ini peserta lebih kompetitif karena mengusung tema “Pengembangan Ekonomi Berdasarkan Potensi Desa”.

“Tiap Kabupaten diwakili oleh satu desa dan durasi video maksimal 3 menit. Dengan video singkat ini paserta perlu punya konsep yang matang agar pesan yang ingin disampaikan melalui audio visual ini bisa menarik”, ungkap Susi Susanti, sat berkunjung di salah satu spot shoting.

Tema Desa Literasi yang diangkat tahun ini oleh Desa Ketapang karena dirasakan manfaatnya oleh masyrakat. Desa Literasi adalah sebuah upaya kolaborasi beberapa komponen yang ada pada masyarakat Desa, bersinergi dan bergerak bersama dalam hal mengembangkan minat/budaya baca, meningkatkan wawasan serta menstimulasi berbagai kreatifitas dan inovasi masyarakat dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pedesaan. Keseluruhan kegiatan tersebut didesain dan diarahkan sedemikian rupa guna memfasilitasi masyarakat terutama kelompok pemuda dan usia produktif agar bisa berperan aktif dalam pembangunan Desa.

Untuk melihat secara lengkap videonya bisa langsung diakses melalui chanel youtube. Di akun Video kreatif DPMD Jawa timur. Atau langsung “klik” link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=Fy0SJvfb7jE&t=10s

Comments

comments

Close Menu