3 Tahun Bergerak Mandiri, RLI inisiasi 50 Rumah Baca

3 Tahun Bergerak Mandiri, RLI inisiasi 50 Rumah Baca

Rumah Literasi Indonesia memiliki mimpi untuk generasi muda Indonesia yang cerdas berintegritas. Mimpi ini kami jemput melalui program gerakan nasional 1000 Rumah Baca. Tujuan Gerakan ini adalah memfungsikan kembali Rumah sebagai tempat yang nyaman bagi anak untuk belajar. Target kami adalah lahirnya generasi muda yang produktif, masyarakat yang peduli dan negara yang berpartisipasi dalam pendidikan karakter.
Hal ini mengingat banyak lembaga sekolah formal sudah terjebak pada birokrasi dan formalitas, sehingga banyak orang tua dan lulusan sekolah dan Perguruan Tinggi yang salah orientasi dalam belajar. Bukannya menuntut ilmu dan jadi orang pintar, malah pada terjebak mencari ijazah dan berperilaku pragmatis. Bila dibiarkan konsekuensinya sangat berbahaya. 10-15 tahun yang akan datang banyak dari mereka akan mengambil alih posisi posisi penting di dalam masyarakat. Dan bisa diprediksi nasib bangsa ini di bawah kendali generasi pragmatis dan tak berintegritas.
Saat ini kami sudah memulai di Kabupaten Banyuwangi dengan mendirikan Rumah Literasi Banyuwangi. Dalam waktu 3 Tahun sejak peluncuran pertama Gerakan 1000 Rumah Baca, hingga kini sudah ada 50 Rumah Baca mandiri, aktif dan berkarya nyata. Dan kami yakin jumlahnya akan berkali lipat di bulan dan tahun berikutnya. Rumah Literasi Indonesia terinspirasi dengan gerakan tersebut dan bermaksud untuk membaginya ke seluruh penjuru negeri.
(Ki Sableng Dewantara)

Comments

comments

Leave a Reply

Close Menu