Makna Relawan Literasi

Makna Relawan Literasi

Dulu aku menyimpulkan Relawan itu hanya orang-orang yang membawa kardus bertuliskan sumbangan untuk korban bencana alam dan orang-orang yang membantu para korban bencana alam. Namun kini aku telah mengerti apa itu Relawan, menurutku Relawan adalah orang-orang yang mau mengamalkan Ilmu, Tenaga, Pikiran bahkan Materi untuk orang-orang yang lebih membutuhkan. Dan aku sempat berpikir buat apa menjadi Relawan gk ada gunanya, memikirkan diri sendiri saja masih kesusahan kenapa harus pusing-pusing memikirkan orang lain. Namun semua pikiranku saat itu tentang Relawan sirna setelah aku mengenal Rumah Literasi Banyuwangi(RLB). Kini aku memutuskan untuk menjadi Relawan dan bergabung bersama Rumah Literasi Banyuwangi.

Awal aku bergabung dengan RLB karena aku diajak oleh saudaraku, Dia mengajakku untuk membuat Rumah Baca. Saat itu aku bertanya apa sih Rumah Baca itu?? Saudarakupun menjelaskan dengan antusias dan penuh keyakinan agar aku mau membantunya. Aku memahami apa yg Dia jelaskan dan akupun mau membantunya. Namun walaupun aku sudah mulai bergabung dengan RLB aku belum aktif untuk berkegiatan bersama Relawan lainya karena masih fokus dengan Rumah Baca yg kami dirikan.

Pertama kali aku aktif di kegiatan RLB saat Goes To School di SMK Nurut Taqwa Songgon. Mulai saat itu aku selalu aktif dalam kegiatan yang diadakan RLB. Mulai Goes To School, Literasik, Inspirasi Sekolah Literasi dan masih banyak kegiatan lainya.

Aku bahagia menjadi Relawan, dengan menjadi Relawan aku bisa mengamalkan ilmu yang pernah aku dapat. Bahkan aku juga belajar banyak hal baru.

Sekian tulisanku kali ini. Ini adalah tulisan pertamaku selain puisi kalau ada kata-kata yang kurang jelas aku minta maaf. Dan tunggu tulisanku selanjutnya.

 

Oleh Widhi Treant

Comments

comments

Close Menu