Keberadaan Teater Langgas yang di gagas oleh guru-guru SLB Kalipuro memang sudah menjadi magnet yang membuat para relawan datang dan belajar untuk menunangkan ide dan kreatifitas. Setelah berhasil memfasilitasi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengeksplore seni melalui teater, kali ini Teater Langgas berhasil menculik perhatian salah satu rumah produksi film Yoe Cinema Pruduction untuk membuat project film pendek. Disutradarai oleh Kak Faisal, seniman yang juga mengelola Negri Dongeng Performance Institute, film pendek yang diberi judul ‘’Pengabdi Sekolah’’ ini dibuat untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa ABK juga mampu berkarya di dunia film. Termasuk juga sebagai media kampanye untuk mengikis stigma dan diskriminasi bagi kaum difabel.

Film ini adalah pengalaman pertama Kak Faisal dimana aktornya di dominasi oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Awalnya ia merasa akan banyak mendapatkan hambatan saat pengambilan gambar dan kesulitan berkomunikasi untuk menyampaikan  maksud jalan cerita. Namun, setelah berproses ternyata anak-anak difabel memiliki instuisi yang tajam dan mereka sangat menjiwai dalam bermain peran.

 

‘’Film ini adalah cerita fiksi tentang seorang guru yang memilki trauma saat kecil dan memilki obsesi yang sangat tinggi untuk menjadi guru, namun karena lingkungan yang tak mendukung ia akhirnya menggunakan cara-cara yang tak wajar dengan memuja makhluk gaib degan tujuan agar ia ingin di hormati dan dikagumi’’, jelas Kak Faisal yang begitu mencintai seni pertunjukan.

Melalui seni pertunjukan, Kak Faisal juga memiliki misi untuk menyuarakan Hak Anak yang selam ini sering dilangggar dan belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. Apalagi terkait isu inklusi yang saat ini masih butuh upaya yang optimal untuk menyadarkan masyarakat agar bisa menerima dan hidup bersama di masyarakat.

 

Potensi dan kreativitas anak-anak di dunia seni tak terlepas dari peran guru yang selama ini memberi ruang bagi muridnya berkreasi. Guru mampu menjadi fasilitator dan teman belaar yang menyenangkan agar anak-anak bisa tumbuh dengan fitrahnya. Seperti salah satu upaya yang dilakukan oleh guru yang juga pengagas Teater Langgas dan Rumah Baca Gubug Laskmi, skill Kak Ayu di bidang ‘’Make Up Character’’ memang memberi banyak warna tentang seni rupa di kelompok teater yang usianya belum genap 1 tahun ini.

 

‘’Make up character, salah satu media untuk menuangkan ide dan kreativitas selain menggambar atau melukis. Awalnya saya memulai dari menggambar atau melukis, kemudian mencoba beauty make up.  Baru belajar make up character karena menurut saya ada tantangan dalam membuat make up character. Bagaimana cara menangkap suatu karakter untuk diimajinasikan menjadi sebuah tampilan make up yg kuat. Dan make up character membantu saya untuk menggali karakteristik yg lebih detail dari sebuah tokoh atau watak yang merupakan sebuah proses dan totalitas’’, jelas Kak Ayu, perempuan yang juga sangat menyayangi kucing.

Film yang berjudul ‘’Pengabdi Sekolah’’ diangkat juga karena sutradara film melihat kemapuan Kak Ayu membuat beragam karakter dan sering diunggah di media sosial. Ada banyak sekali koleksinya dengan tema yang beragam. Saat ditanya, ia menjelaskan bahwa selama ini ia mendapat inspirasi dari beberapa Beauty Vlogger maupun Beauty Blogger yg memamerkan skill mereka lewat video tutorial di youtube. Mereka menggunakan banyak teknik dan alat bahan yang lebih beragam. Dari sana ia mulai mencoba untuk membuat make up character ternyata lebih bebas untuk mengeksplor skill dan imajinasi.

 

‘’Karya yang sudah saya hasilkan adalah make up: Joker,  Joker Suicide Squad,  make up nenek, Bolllywood make up di film Ashoka, Anime, Cheshire dari film Alice On Wonderland, Goddes of Baluran, make up binatang yang sering dipakai dalam pementasan drama,  film pendek horor,  Fashion Show dan pantomime dan modelling’’, ungkap Kak Ayu.

 

Film yang berdurasi sekitar 20 menit ini akan di rilis awal bulan November 2017, dan nanti aka ada film selanjutnya dengan tema yang beragam. Tentunya masih melibatkan anak-anak difabel untuk menjadi pemerannya. Untuk itu, dukungan sekolah menjadi sangat penting agar aktivitas seni yang mewadahi kreativitas anak-anak ini terus berlanjut.

 

‘’Karena saya mencintai pekerjaan menjadi guru dan mencintai seni, maka saya akan terus megasah kreativitas dalam menuangkan imajinasi sebagai sarana penyaluran bakat, minat dan emosi melalui kegiatan bermanfaat dan positif. Bisa berbagi ilmu dan skill dengan ABK sehingga ada dari mereka yang telah memilih berkarya di bidang seni bisa digunakan dalam kehidupannya bermasyarakat’’, tegas Kak Ayu saat asyik dengan cermin dan alat riasnya.

 

 

 

 

#

6,625 Responses

  1. Hello would you mind letting me know which webhost you’re working with? I’ve loaded your blog in 3 different browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Can you suggest a good internet hosting provider at a fair price? Many thanks, I appreciate it!

  2. I have been surfing on-line greater than three hours these days, yet I never discovered any interesting article like yours. It’s pretty price enough for me. Personally, if all web owners and bloggers made excellent content material as you did, the net might be a lot more useful than ever before.

  3. Hey just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the images aren’t loading correctly. I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different internet browsers and both show the same outcome.

  4. I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.

  5. I have not checked in here for a while because I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I’ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

  6. you are truly a excellent webmaster. The web site loading pace is incredible. It seems that you’re doing any unique trick. Also, The contents are masterwork. you’ve performed a magnificent task in this matter!

  7. Excellent blog here! Also your website loads up fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my site loaded up as fast as yours lol